Sabtu, 10 Juli 2010

ONE MONTH ENTREPRENEUR program tepat bagi Pengembangan usaha Mahasiswa

Artikel ini ditulis untuk Memenuhi syarat Seleksi untuk lolos One Month Entrepreneur yang diadakan oleh IIBF(Indonesia Islamic Business Forum )


DISUSUN OLEH :


VICKA TAMAYA

 BASTIAN SURYA ADINEGARA
UTAMI BUDI WARDaNI
SOFAR
VINDA MUDAH SEPTIANI 


Indonesia sebagai negara berpenduduk mayoritas Muslim, dinilai memiliki potensi yang besar dalam memperkuat perekonomian Islam. Sayangnya, sinergi antarpengusaha Muslim di Tanah Air masih jauh dari harapan. Akibatnya, potensi kekuatan ekonomi Islam ini belum dapat tergarap dengan optimal.
Guna memperkuat perekonomian Islam, Ahad (9/8), di hadapan 300 pengusaha  dideklarasikan Indonesia Islamic Business Forum (IIBF). Gerakan yang dimotori Heppy Trenggono, chief executive officer (CEO) United Balimuda, itu bertujuan untuk membangun jejaring pengusaha Muslim yang tangguh di negeri ini.

Selama ini, para pengusaha Muslim ini masih berjalan sendiri-sendiri tanpa dukungan jejaring yang kuat. ''Melalui IIBF, kami ingin mewujudkan kejayaan masa depan bangsa di tengah era persaingan yang tak terelakkan. Selain itu, IIBF juga ingin membuktikan kepada dunia bahwa para pengusaha dan sistem ekonomi Islam mampu berbuat banyak dan bisa kuat,'' ungkap Heppy di sela-sela deklarasi IIBF di Semarang, Jawa Tengah.

Pihaknya optimistis, IIBF akan mencetak sejuta pengusaha Muslim tangguh yang akan menjadi kekuatan ekonomi bangsa pada 2020. Guna menciptakan para pengusaha Muslim yang tangguh, IIBF akan membangun budaya baru tentang pengetahuan bisnis dan kewirausahaan melalui business coach.
IIBF, papar dia, memiliki misi menciptakan pebisnis Islam yang tangguh. Forum itu juga ingin membangun komitmen untuk mewujudkan jejaring pengusaha yang kuat, sebagai pilar kejayaan bisnis dan dunia usaha di negeri ini.

melalui IIBF ini diharapkan para pengusaha muslim dapat MEMBANGUN LINK atau jaringan antar pengusaha agar bisa bekerjasama dan saling membantu, mengembangkan skill dan pengetahuan para pengusaha melalui pelatihan berkelanjutan serta pembuatan modul atau buku panduan yang sederhana dan aplikatif dan yang tak kalah penting mendapatkan Mastermind bahkan Business Coach dalam Forum ini.

 Alhamdulillah tahun ini di Kota Semarang Islamic Business Forum (IIBF) memberi kesempatan masyarakat umum, mahasiswa, dan pelajar di Jawa Tengah untuk mengikuti program One Month Entrepreneurs (OME) atau program satu bulan kewirausahaan.One month Entrepreneur merupakan program yang didesain untuk mencetak generasi unggul yang mampu mnegembangkan kekuatan ekonomi usaha .Peserta yang terpilih mengikuti program ini akan dibimbing,dilatih,dan dibekali dengan berbaai keterampilan yang harus dimiliki oleh seorang entrepreneur.Dalam satu bulan peserta tersebut dibimbing untuk melakukan usaha yang sesungguhnya dan menghasilkan uang dari usahanya.

Selama 1 Bulan kita akan mendapatkan
1.Pelatihan “entrepreneurial Training”
Bagaimana mengelola dan menggerakkan tea yang solid
Bagaimana membuat dan mengelola cashflow
Bagaimana melakukan pemasaran dan penjualan efektif untuk mencapai target dan mencetak profit
Bagaimana mengelola keuangan ,menyusun dan memahami laporan keuangan,menyusun dan memahami laporan keuangan dan pengambilan keputusan
Bagaimana melakukan transaksi,mengelola inventory dan logistic
2.Mendapatkan pengalaman nyta menjalankan perusahaan
3.Berpeluang untuk meraih IIBF Next Generation Award

Materi pelatihan akan diberikan langsung oleh Presiden IIBF Heppy Trenggono dengan bimbingan instruktur serta pelatih yang ditunjuk IIBF dan dukungan manajemen
Peminat kegiatan ini cukup banyak Sebanyak 340 orang mengikuti seleksi penerimaan peserta One Month Entrepeneur (OME) di kantor IIBF Jawa Tengah, Jl. Simongan Raya 69 Semarang, Jawa Tengah. Calon peserta ini didominasi oleh kalangan mahasiswa dari perbagai perguruan tinggi di Semarang, Solo, Salatiga, Kendal, Demak dan Pekalongan. Ada juga peserta dari kalangan dosen, pegawai dan pebisnis pemula. Pendaftaran hanya  dibuka selama 2 minggu dari tanggal 1 - 15 Juni 2010. Dan Panitia akan menyeleksi untuk mendapatkan 20 kelompok.
Tiap kelompok beranggotakan lima orang. “Program ini harus berkelompok. Karena perusahaan tidak bisa dijalankan sendirian tetapi harus tim,” kata Project Officer  OME, Mashudi
saya bersama teman-teman membentuk Tim yang bernama YO_CRE (Young Creative)amiin.
Tim Kamii terdiri dari
2.Sofar
4.Vicka tamaya
5.Vinda Mudah Septiani
Bagi tim yang lolos akan dikenakan biaya sebesar Rp.100 ribu/orang. Setelah ituu mengikuti entreprenial training dari coach IIBF sebelum menjalankan program ini. Selama mejalankan program ini para peserta akan didampingi oleh IIBF Ambassador, yakni para pengusaha pemula yang telah mendapatkan Business Training dan sertifikasi IIBF.
 
Doakan Kami terpilih dalam Seleksi OME kali ini yaaa..dan mewujudkan Indonesia maju dengan WIRAUSAHA ANAK BANGSA
HIDUP WIRAUSAHA MUDA INDONESIA!!!!!
SEMANGAT !!!

 





Tidak ada komentar:

Posting Komentar